Home » , » Struktur Atau Susunan Template Dari Blogger

Struktur Atau Susunan Template Dari Blogger

Written By Unknown on Monday, October 7, 2013 | 1:10 PM

Struktur Atau Susunan Template Dari Blogger - Sebelum merancang template, kita harus tahu tentang struktur atau bagian-bagian dari template. Setiap template tidak harus memiliki struktur yang sama. Namun dengan mengetahui struktur dasarnya, diharapkan dapat dengan mudah mendapatkan ide untuk merancang template dan mungkin dapat mengubah dengan struktur yang berbeda sesuai selera kita. Beberapa bagian dari struktur template, yang jelas ada pada umumnya terdiri dari: header, footer, dan bagian posting. Untuk lebih jelasnya struktur dari template yang lebih kompleks dapat dilihat pada gambar dibawah:

Struktur Template Bog
Struktur Template Bog
Bagian dari struktur template tersebut, dapat dijelaskan sebagai berikut:

Body: blok paling luar adalah Body dari template (pada dasarnya merupakan seluruh layar dari komputer).
Outer-wrapper: bagian ini adalah yang melingkupi template (bagian dari batas luar template). Secara umum, wrapper digunakan untuk menempatkan blok-blok yang lebih kecil yang ada didalamnya. Blok yang paling umum didalam Outer-wrapper adalah Header,Content, and Footer.
Header: blok ini adalah bagian paling atas dari blok. Didalam Header dapat juga memiliki sub-blok, misalnya: Header Judul blok, Deskripsi blog, dan lain-lain seperti banner Adsense, menu bar, dll. Diluar header atau untuk membungkus semua sub-blok di dalam header biasanya dinamakan Header-wrapper.
Content: dibawah Header adalah Content-wrapper - Pada dasarnya merupakan bagian dari blok yang paling penting. Secara umum bagian wrapper ini didalamnya terdiri dari blokSidebar (bisa 1,2 atau lebih sidebar) dan blok Main  (yang berisi hasil posting artikel, komentar, atau beberapa ads).
Footer: adalah bagian bawah dari template. Seperti di Header, dibutuhkan juga Footer-wrapper yang berisi bagian-bagian dari footer.
Main: Main-wrapper adalah bagian luar dari blok Main yang didalamnya terdapat Content-wrapper. Didalam Main-wrapper terdapat blok Post, blok Comment, Date Header, dan bagian lain yang dapat dibuat dari opsi Add Page Element.
Sidebar: adalah bagian yang dapat berisi semua widget dan biasanya terletak dibagian samping, seperti:  About Me, Labels, Archive, Text, HTML, Adsense, etc. Didalam standard template dari Blogger, biasanya ditemukan 1 sidebar, jika terdapat 1 sidebar maka template terdiri dari 2 kolom, yaitu Main dan Sidebar. Tetapi jumlah sidebar dapat ditambahkan dengan mudah. Yang paling umum adalah memiliki 2 sidebar atau berarti template memiliki 3 kolom. Dengan mengikuti seri tutorial ini diharapkan, nantinya kita dapat mengerti struktur dari template dan dengan mudah menambah atau memindah sidebar kekiri atau kanan.
Blog Post: blok ini berisi bagian yan paling penting, seperti Posts Titles (judul artikel),Post (artikel), Post Author (Penulis artikel), Labels (label), etc.
Struktur dari template blogger, jika dilihat secara hierarki, mulai dari bagian yang paling besar ke bagian yang paling kecil, dapat ditampilkan sebagai berikut:

Body
        Outer-wrapper
          Header-wrapper
               Blog Title
               Blog Description
               Other widgets
          Content-wrapper
               Sidebar-wrapper (1,2,3...)
               Main-wrapper
               Date Header
               Posts
                     Post Title
                     Post Content (or called Post Body)
                     Post Footer (Author, Labels, etc)
               Comments
               Feed Link
               Other widgets (mostly ad units)
          Footer-wrapper
               Footer text (disclaimer, copyrights, etc)
               Other widgets

Setelah memahami struktur diatas, akan lebih mudah untuk memahami struktur kode dari templatenya Blogger. Belajar struktur kode dari template sebenarnya tidak belajar tentang HTMLatau CSS, tetapi lebih terhadap bagaimana kode tersebut disusun dan terorganisir. Dengan memahami struktur dari template, walaupun punya pengetahuan yang minim terhadap pemrograman web, kita dapat mengubah template atau mendesain sesuai dengan selera.
Untuk struktur template 2 kolom bisa di baca di artikel cara membuat template 2 kolom sendiri
Share this article :

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t

0 comments:

Post a Comment


 
Support : Maskolis | Johny Template | 2eGM | Post RSS | Comment RSS
Copyright © 2013. 2eGM - All Rights Reserved
Template Update by Rendy VXC Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger