Home » » Apa Yang Dimaksud Dengan Widget?

Apa Yang Dimaksud Dengan Widget?

Written By Unknown on Monday, October 7, 2013 | 2:39 PM

Widget BlogWidget merupakan sebuah ku
mpulan kode yang biasanya kita pasang pada blog atau web, seperti header, sidebar, foter tergantung menurut thema pada blog sobat. dan tentunya sobat sendiri yang menempatkannya.

Seperti yang sudah sobat ketahui pada search engine google tentang cara mempercantik atau membuat tampilan blog lebih menarik, biasanya kata-kata widget juga ikut tercantum dalam hasil pencarian kita tersebut. Itu dikarenakan diciptakannya sebuah widget itu sendiri disediakan oleh 3rd party dengan fungsi salah satunya adalah memberikan kesan tampilan yang menarik pada sebuah blog atau website. Meskipun demikian fungsi dari widget sebenarnya sangatlah beraneka ragam jadi yang saya tulis diatas hanyalah sebagian contoh fungsi dari widget.

Untuk masa sekarang ini cara mendapatkan widget terbilang sangat mudah, dimana dengan cara kita hanya mencarinya melalui search engine google. Disitu telah banyak blogmaster yang memberikan sebuah tutorial beserta code nya, dan nantinya kita dapat pergunakan code tersebut sebagai widget yang akan kita pasang di blog kita.

* Kalo sobat masih bertanya bagaimana cara memasang code yang kita peroleh dari tutorial para master blog ?

Jawabanya adalah sangat mudah dan tidak rumit kita hanya diminta untuk mengintegrasikan (copy paste) code tersebut kedalam kolom html pada blog kita. Bagaimana cukup mudah bukan...?

Nah sekarang untuk istilah lain yang sering dan umun digunakan dalam menyebut widget diantaranya ada yang menyebutnya badge, module, snipet, plugin, dan lain sebagainya. Sebuah widget biasanya menggunakan DHTML, Java Script, atau Flash. Fitur yang disediakan sangat beragam, dari hit counter sederhana sampai game yang cukup rumit, dapat ditampilkan dengan web widget.

Awal penggunaannya sekitar sejak dimulainya era world wide, widget hanya dipergunakan untuk hit counter dan pemasangan sebuah bannar iklan saja. Tapi dengan berjalannya waktu terus mengalami perkembangan yang begitu pesat sehingga kini widget tidak hanya digunakan untuk hit counter dan pemasangan iklan saja, melainkan widget juga telah banyak menawarkan pada kita sebagai pengguna web atau blog yaitu sebuah kreasi widget yang lebih cantik dan menarik.

Mungkin cuma itu ulasan singkat mengenai widget, untuk lebih paham mengenai widget sobat bisa mencobanya langsung terhadap tema yang sobat pakai pada blog sobat.
Share this article :

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t

0 comments:

Post a Comment


 
Support : Maskolis | Johny Template | 2eGM | Post RSS | Comment RSS
Copyright © 2013. 2eGM - All Rights Reserved
Template Update by Rendy VXC Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger